biotek.bppt.go.id

layanan-pengujian

Analisa dengan LC-MS dan LC-MSMS

Layanan fasilitas genom

Layanan Pengujian

 

Balai Pengkajian Bioteknologi melakukan beberapa pengujian, diantaranya :                          

  • Pengujian kimia: Makanan & minuman meliputi :Gula (total, pereduksi, glukosa, sukrosa); lemak; protein (total nitrogen, amonium); serat kasar; kadar air; abu (total, sulfat, tak larut dalam asam, kealkalian).
  • Jamu & bahan jamu meliputi : Serat kasar; kadar air; abu (total, sulfat, tak larut dalam asam, kealkalian).
  • Air meliputi : pH, amonium, nitrat, nitrit, klorida, magnesium.  
  • Pengujian mikrobiologi : (angka lempeng total, Coliform, E. coli, Salmonella sp., S. aureus,  Enterococci, Clostridium perfringens dan ka pang & khamir),
  • Makanan & minuman, Jamu & bahan jamu, Air minum & air limbah.
  • Pengujian genetika meliputi : Pengujian GMO pada produk pertanian & makanan (khususnya  kedele).

Analisa dengan LC-MS dan LC-MS/MS

Balai Pengkajian Bioteknologi menawarkan jasa analisa sampel menggunakan LC-MS (ToF) dan LC-MS/MS(QToF). Kedua instrumen tersebut hanya dimiliki oleh beberapa institusi di Indonesia. Keunggulan dari analisa menggunakan kedua instrumen tersebut adalah hasil didapat dalam waktu relatif singkat, akurat, adanya rekomendasi rumus molekul senyawa hingga struktur senyawa bahkan untuk sampel yang belum diketahui kandungan senyawanya (Unknown sampel). Kesemua keuntungan tersebut sangat bermanfaat untuk konsumen dari kalangan peneliti, akademisi hingga industri. Sampel yang dapat dianalisa adalah produk-produk farmasi, pangan, hingga ekstrak bahan alam yang belum diketahui kandungan senyawanya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami.

Fasilitas Genom

FASILITAS SEKUENSING

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh Fasilitas Riset Genom Balai Pengkajian Bioteknologi BPPT adalah pelayanan sekuensing. Untuk fasilitas ini kami akan melakukan pelabelan DNA dan pemurnian yang dilanjutkan dengan sekuensing di AB3130. Hasil akan dikirim dalam format digital dengan format file .AB1.

PENTING : Dua hal penting yang mempengaruhi hasil sekuensing adalah kualitas dan kuantitas template DNA.